IMG-LOGO
Home Momen Harlah 1 Abad NU, Kader OKU Persembahkan SISNU untuk Kemajuan NU di OKU
Harokah

Momen Harlah 1 Abad NU, Kader OKU Persembahkan SISNU untuk Kemajuan NU di OKU

Ogan Komering Ulu - 10 Januari 2023 73x Dibaca
Momen Harlah 1 Abad NU, Kader OKU Persembahkan SISNU untuk Kemajuan NU di OKU
Sistem Informasi Strategis Nahdlatul Ulama Ogan Komering Ulu

Lubuk Raja - OKU

Gebyar Harlah NU ke 1 Abad, Kader GP Ansor OKU berikan persembahan terbaiknya berupa Sistem Informasi Strategis Nahdlatul Ulama (SISNU).

Sisnu merupakan hasil pengembangan dari pelaksanaan salah satu 9 perintah Kader NU setelah pelaksanaan kegiatan Pendidikan Dasar PKPNU.

Poin pertama dalam 9 perintah kader tersebut adalah Penyusunan database potensi kepengurusan cabang hingga ranting.

Sisnu merupakan salah satu metode efektif dalam pelaksanaan perintah tersebut, karena pola pemetaan datanya yang sampai ke pengurusan di tingkat ranting, menjadikan sisnu sebagai alat yang mampu menyajikan data akurat.

Dengan dukungan teknis yang mumpuni, dan sumber daya pengelola Sisnu yang telah terpetakan dengan baik di OKU, optimis bahwa Sisnu OKU juga dapat diterapkan di wilayah lain.

"Sisnu OKU kami bangun karena wujud cinta dan hidmat kami kepada NU, tentunya secara umum, kami telah mengembangkan Sisnu sedemikian rupa, sehingga cakupannya luas bukan hanya di OKU saja, kami juga sudah siapkan perangkat server yang lumayan untuk bisa menjalankan Sisnu di OKU khususnya dan wilayah lain yang mau menggunakannya", pungkas Fajar Witoko selaku developer SISNU (10/01/23).

Developer sisnu juga menyebutkan bahwa pengelolaan data dalam sisnu bisa di integrasikan dengan sistem Lazisnu yang dapat mengadopsi data-data mustahik sebagai penerima manfaat.

Juga terdapat sistem Kaderisasi dalam Sisnu yang dapat mengakomodir kebutuhan manajemen data sampai pelaporan data pasca kaderisasi NU, hal ini juga dijelaskan dalam pertemuan rapat Tim pengembangan Sisnu OKU di Kecamatan Lubuk raja.

"Bukan hanya sekedar pendataan warga NU yang ada di dalam sisnu, terkait sistem kaderisasi dan kebutuhan data dasar untuk pengembangan Lazisnu juga sudah kami persiapkan", jelas Fajar.

Setiap tingkat kepengurusan NU akan memiliki 1 admin yang diberikan tugas pembaharuan data terkait warga Nahdliyin, hal ini ternyata telah diberlakukan sejak Pendidikan Dasar PKPNU angkatan ke 3 di OKU yang dikomandoi oleh Forum Kader Penggerak NU OKU.

Forum Kader Penggerak NU OKU adalah pelaksana Mandat dari PCNU OKU selaku penyelenggara Kaderisasi, untuk melaksanakan tugas pengkaderan di OKU.

Dalam hal ini, Forum Kader Penggerak NU OKU di komandoi oleh Yose Rizal Fajri yang juga sebagai Kader NU OKU angkatan 1 sekaligus menjabat sebagai Ketua STAI Baturaja.

Tentunya dalam bidang teknis pengembangan sumber daya manusia, Yose telah berada dalam fokus yang tepat berkaitan dengan kaderisasi warga nahdliyin, hal ini lah yang membuat Yose dan jajarannya melakukan pengembangan sistematis untuk membenahi Tata kelola Administrasi pengkaderan di OKU dan telah terbukti efektif dalam setiap pelaksanaan kegiatannya.

Hal ini lah yang disambut oleh kader NU OKU sebagai pengembangan sistem Kaderisasi dan akhirnya melahirkan Kado terbaik untuk NU dikala usianya telah mencapai 1 Abad.

Sisnu dijadwalkan akan lounching saat pelaksanaan Harlah NU yang diselenggarakan oleh MWC NU Lubuk Raja pada 22 Januari 2023.

Semoga menjadi momentum kebangkitan NU di OKU menuju arah yang lebih baik lagi dalam mengemban misi besar Merawat Jagad Membangun Peradaban. **

Terkait

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Nuoku.or.id.
Merawat Jagad Membangun Peradaban.

Sumber : Forum Kader Penggerak NU OKU
Editor : F. WTK