IMG-LOGO
Home Bimbingan Teknis Amil Zakat Fitrah Oleh TIM Lazisnu MWCNU Lubuk Raja
Harokah

Bimbingan Teknis Amil Zakat Fitrah Oleh TIM Lazisnu MWCNU Lubuk Raja

Lubuk Raja - 03 April 2023 59x Dibaca
Bimbingan Teknis Amil Zakat Fitrah Oleh TIM Lazisnu MWCNU Lubuk Raja
Penyerahan SK JPZISNU oleh Ketua Lazisnu MWCNU Lubuk Raja

Alhamdulillah ramadhan kali ini PCNU OKU menghasilkan sebuah terobosan penting terkait pengembangan kelembagaannya yakni Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah atau yang sering disebut Lazisnu.

Sejak di berikannya izin operasional pengelolaan Lazisnu PCNU OKU oleh PBNU pada tanggal 8 Maret 2023 yang lalu dengan Nomor surat 0018/C/SK/A.II/LAZISNU-PBNU/III/2023, akhirnya apa yang menjadi pekerjaan rumah selama ini bisa menemui awal yang baik dalam khidmat seluruh pengurus NU di Kabupaten OKU.

Pengembangan Lazisnu menjadi salah satu bagian terpenting terkait dengan pelaksanaan Zakat fitrah yang dilaksanakan setiap tahun mejelang hari raya Idul Fitri, tentunya moment ini dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh jajaran Kepengurusan NU di kabupaten OKU untuk segera melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada seluruh calon Amil yang nantinya akan mengelola zakat fitrah yang dahulu biasa disebut sebagai Panitia Zakat.

Ada banyak polemik terkait pelaksanaan zakat fitrah, mulai dari dasar-dasar hukumnya, sampai dengan pengesahan status Amil dalam pengelolaannya, hal ini lah yang harusnya menjadi substansi utama terkait sosialisasi Lazisnu di kabupaten OKU.

Seperti yang belakangan ini tengah dilakukan oleh Pengurus Lazisnu MWCNU Lubuk Raja yang diketuai oleh Gus Yoyon, yang terus melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis terkait pengelolaan zakat fitrah, yang baru-baru ini dilaksanakan di beberapa Masjid dan Mushola yang ada di Desa Marta Jaya, Desa Batumarta 1 Kecamatan Lubuk Raja dan daerah Tegal Arum Kecamatan Baturaja Timur.

Peserta bimbingan teknis dan sosialisasi ini terdiri dari para pengurus Masjid dan Mushola yang akan di berikan tugas sebagai Amil dan di Sahkan sebagai Amil Syar'i oleh Lazisnu.

Bimbingan teknis dan sosialisasi pengelolaan zakat Fitrah di Desa Batumarta I, 09 Ramadhan 1444 H

Tim Lazisnu MWCNU Lubuk raja turun melakukan sosialisasi atas undangan yang dikirimkan kepada Lazisnu MWCNU Lubuk Raja, berbekal materi teknis dari salah satu Instruktur nasional yang ditunjuk PBNU yakni Kiayi Ma'ruf, Tim Lazisnu MWCNU Lubuk Raja bergerak untuk khidmat kepada Warga Nahdliyin.

Materi yang diberikan dalam pelaksanaan Bimibingan Teknis oleh Tim Lazisnu MWCNU Lubuk Raja adalah seputar dasar hukum zakat fitrah, Tata Cara, Sampai Pengesahan Jaringan Pengelola Infaq Shadaqah pada tiap masjid maupun mushola yang biasanya mengelola zakat.

Sosialisasi Materi Pengelolaan Zakat oleh Ketua Lazisnu MWCNU Lubuk Raja di Tegal Arum, 11 Ramadhan 1444 H

Seperti kita ketahui bersama bahwa ada perbedaan yang signifikan terkait status Amil Syar'i yang telah di sahkan oleh Lembaga atau Pemerintah dengan Panitia Zakat yang selama ini telah berjalan tiap tahunnya.

Tim Lazisnu MWCNU Lubuk Raja selama Ramadhan 1444 H terus melakukan penjadwalan sosialisasi dan bimbingan teknis, dibeberapa titik masjid dan mushola telah terjadwalkan untuk Bimteknya.

(F.WTK)

Terkait

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Nuoku.or.id.
Merawat Jagad Membangun Peradaban.

Sumber : Lazisnu MWCNU Lubuk Raja
Editor : F.Witoko